Jumat, 24 September 2010

Jambi : Penerimaan CPNS Dimulai 28 Oktober


Pendaftaran Lewat Pos sampai 11 November
JAMBI - Ini kabar gembira bagi peminat calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Jambi. Pemprov Jambi dan pemerintah kabupaten/kota memastikan penerimaan CPNS daerah tahun 2009 dilaksanakan mulai 28 Oktober. Pengumuman yang ditunggu-tunggu peminat profesi PNS itu akan ditempel di kantor pemerintahan atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing.
Pemprov Jambi akan merekrut sebanyak 382 CPNS lewat jalur umum. Sekda Provinsi Jambi AM Firdaus menjelaskan, jumlah tersebut untuk mengisi empat formasi. Rinciannya tenaga kesehatan sebanyak 82 orang, tenaga teknis 145, tenaga honorer 103, dan tenaga guru 25 orang.

Menurut Firdaus, tenaga guru hanya khusus diterima untuk sekolah bertaraf internasional (SBI). Sedangkan tenaga honorer adalah tenaga yang sudah masuk database dan akan dihabiskan pada 2009. “Honorer ini akan kita habiskan semua yang sudah masuk database,” katanya
Sementara itu, Pemkot Jambi menerima 379 CPNS umum. Jumlah tersebut untuk tenaga teknis, tenaga guru, dan tenaga kesehatan. Berbeda dari sebelumnya, kali ini Pemkot menerima lulusan tingkat SMA.
“Untuk formasi pendidikan terendah adalah sekolah menengah farmasi (SMF) dan sekolah perawat gigi (SPRG). Jumlahnya saya kurang ingat, kalau tidak salah tiga,” kata Kepala BKD Kota M Ichsan. Menurut dia, formasi tebesar masih didominasi tenaga kesehatan dan guru.
Dalam keterangannya, Ichsan juga menjelaskan, berkas lamaran dikirim melalui kantor pos paling lambat 11 November (cap pos). Sedangkan pelaksanaan ujian tertulis pada 29 November 2009.
Pemkab Batanghari juga memastikan penerimaan CPNS dimulai Rabu (28/10) lusa hingga 11 November. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Batanghari Drs Ariansyah mengatakan, pengumuman akan ditempel di BKD mulai 28 Oktober hingga 11 November. “Para peminat CPNS bisa melihat langsung pengumumannya di BKD," katanya.
Menurut dia, guna mengakomodasi keterlambatan, akan diberikan waktu tambahan lima hari. "Waktu tambahan jika surat lamaran dari CPNS belum disampaikan pihak kantor pos ke BKD, namun cap pos tetap sebelum 11 November," tutur Ariansyah.
Sementara terkait jadwal pelaksanaan ujian seleksi CPNS, Ariansyah mengaku belum tahu pasti. Hingga sore kemarin pihaknya masih mengadakan rapat di BKD Provinsi. Namun dia mengatakan, kemungkinan besar jadwal ujian dilakukan pada hari libur, untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi para pelamar yang akan mengikuti ujian. "Yang jelas pada hari libur, kemungkinan besar 22 November. Tapi belum tahu juga, karena saat ini kita masih rapat," ujarnya.
Pemkab Bungo tahun ini menerima 308 pelamar umum, 153 tenaga honor, dan 21 sekretaris desa. Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Bungo Harmain, syarat pendaftaran CPNS masih sama dengan tahun lalu, yaitu menyertakan surat permohonan, ijazah yang telah dilegalisasi. Bila ada ijazah akta empat atau A-4 dapat pula disertakan sesuai formasi yang diambil, pasfoto, dan fotokopi KTP secara nasional.
Berkas lamaran CPNS dikirimkan melalui kantor pos. Setelah penerimaan berkas, ada seleksi administratif dengan sistem komputer. Dari proses penerimaan CPNS tersebut, Harmain meyakinkan bahwa penerimaan CPNS Bungo akan dilaksanakan transparan dan melalui proses komputerisasi yang tidak dapat diganggu gugat.
Harmain menjamin pelaksanaan CPNS tahun ini transparan. Pihaknya hanya menerima berkas lamaran serta berkas jawaban dari CPNS. “Yang memproses (reject) seluruh berkas pelamar adalah BKN. Proses tersebut melalui sistem komputerisasi yang tidak dapat diganggu gugat. Bila dari komputer tidak dapat atau dapat dibaca oleh komputer, akan dapat segera diketahui. Dari sana akan dapat terlihat berkas yang lolos penyeleksian administratif atau tidak,” katanya.
Pemkab Muarojambi akan merekrut 544 CPNS. Formasi itu meliputi 434 formasi umum, 95 pegawai honor yang masuk database, dan 15 sekretaris desa (sekdes). Kepala BKD Muarojambi Najman Efendi mengatakan, formasi umum yang diterima sama seperti penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, yakni tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Mengenai persyaratan dan jadwal tes serta hal-hal lain tentang rekrutmen CPNS, akan diumumkan pada 28 Oktober.
Sebelumnya, Sekda Muarojambi Syaifuddin Anang mengatakan, pada penerimaan CPNS tahun ini, Pemkab Muarojambi akan merekrut sesuai kebutuhan. “Potensi Muarojambi adalah pertanian dan kehutanan. Tentu yang paling diprioritaskan adalah sarjana pertanian dan kehutanan,” katanya.
Meski demikian, bukan berarti sarjana lain diabaikan. Pemkab tetap membuka peluang untuk sarjana lulusan ekonomi, hukum, dan lainnya yang disesuaikan kebutuhan. “Pada saat pengumuman nanti akan lebih jelas” katanya.
Di Sarolangun, tahun ini disediakan 453 formasi yang terdiri atas 124 tenaga guru, 72 tenaga kesehatan, 137 tenaga teknis, 14 sekdes, dan 106 honorer (sesuai database) 2009 yang belum terangkat.
Kepala BKD Sarolangun Jaelani mengatakan, sesuai edaran, pada seleksi CPNSD tahun ini tidak tersedia lowongan bagi tamatan SMA/MA, kecuali khusus di Provinsi Papua dan Papua Barat.
Sedangkan tamatan SMK hanya tersedia 15 formasi yang tercantum dalam formasi tenaga teknis lainnya. “Untuk tamatan SMK hanya 15 orang yang termasuk dalam 137 tenaga teknis. Kalau SMA se-Indonesia, kecuali Papua dan Papua Barat, tidak ada formasi,” terangnya.
Seperti di daerah lain, penerimaan bahan seleksi CPNSD di Sarolangun dimulai 28 Oktober hingga 11 November 2009. Sedangkan pelaksanaan tes diperkirakan sepekan setelah penerimaan bahan. “Sekitar 17 atau 18 November. Jadwal pasti setelah rapat di Provinsi malam ini. Cuma gambarannya begitu,” kata Jaelani ketika dikonfirmasi via ponselnya malam tadi.
Pengiriman bahan dilakukan via pos, ditujukan kepada bupati Sarolangun. Sementara pelaksanaan di sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara seleksi CPNSD.
Berbeda dari daerah lain, di Tebo, penerimaan CPNS dimulai 2 November mendatang. Menurut Kepala BKD Tebo H Izhar, jadwal itu ditetapkan berdasarkan hasil rakor kepegawaian CPNS 2009, Sabtu (24/10) lalu. “Tanggal 2 November 2009 kita sudah mulai menerima berkas bagi yang mau melamar menjadi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Tebo,” kata Izhar.
Mengenai formasi, menurut Izhar, tidak berubah dari yang sudah ditetapkan sebelumnya, yakni 316 formasi. Pelamar umum 256, dengan rincian tenaga guru 136, tenaga kesehatan 78, dan tenaga teknis 42 orang. Kemudian sisa honorer 49 dan jatah sekdes 11 orang.
“Fokus kita untuk penerimaan kali ini masih kepada tenaga guru dan kesehatan. Sedangkan tenaga teknis hanya sedikit yang akan kita ambil,” tambahnya. Sedangkan tamatan SMA tahun ini tidak ada formasi, paling rendah D-2.
Menurut dia, pengiriman berkas dilakukan lewat kantor pos hingga 16 November 2009. “Jadwal penerimaan segera kita umumkan dalam waktu dekat. Saat ini tinggal menunggu pengesahan dari bupati. Kalau sudah ada pengesahan dari bupati, langsung kita umumkan Senin besok (hari ini, red),” katanya.
Sementara Pemkab Tanjab Timur tahun ini kebagian jatah menerima 417 orang. Rinciannya, tenaga guru 138, tenaga medis  121, dan tenaga teknis 158. Lalu Pemkab Merangin menerima 347 orang. Formasi itu terdiri atas tenaga guru 134, tenaga kesehatan 78, tenaga teknis 40, tenaga honorer 66, dan sekdes 29 orang. Untuk Kabupaten Kerinci tahun ini disetujui 365 orang. Formasi itu meliputi pelamar umum 260, honorer 82, dan sekdes 23 orang. (dra/viz/aki/lis/amu/wra/dwy)

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More