Selasa, 23 November 2010

sungai Penuh Online : kenali fasilitas-fasilitas dalam blogspot

Semakin malam...semakin asyik
Mungkin sebagian besar udah tahu fasilitas-fasilitas apa saja yang terdapat di blogspot. tapi yang pemula di dunia blog mungkin banyak yang belum memahaminya. Nah biar lebih mengerti tentang fasilitas-fasilitas apa saja yang terdapat dalam Blogspot, Ada baiknya SOBAT membaca artikel ini.

Blogspot memilik 3 (tiga) fasilitas utama yang dapat SOBAT gunakan mempublikasikan opini atau hasil pemikiran SOBAT dan mempercantik tampilan blog. ketiga fasilitas tersebut yakni Posting, Setting, dan layout yang masing-masing dapat dijelaskan seperti berikut.

  1. Posting

    Istilah posting dalam terminologi blog dapat diartikan sebagai materi atau isi dari sebuah weblog yang dipublikasikan. post ini bisa berupa tulisan atau artikel, gambar atau foto, dan juga video bahkan perpaduan dari ketiganya.

    Dalam posting ini terdapat tiga sub, yaitu:

    1. Create :
    sub fasilitas ini berfungsi untuk membuat atau menciptakan post baru dalam bentuk catatan, gambar maupun video

    2. Edit posts :
    fungsi dari sub fasilitas ini adalah memperbaiki atau merevisi catatan post yang telah dibuat sebelumnya

    3. Moderate comments :
    sub fasilitas ini digunakan untuk menyortir setiap komentar yang masuk ke dalam blog SOBAT. untuk menggunakan sub fasilitas ini, terlebih dahulu SOBAT  harus mengaktifkan opsi Comment Moderation dalam fasilitas settings.

  2. Setting

    Selain posting, SOBAT juga bisa menemukan fasilitas Settings dalam situs blogspot. fasilitas ini secara khusus digunakan untuk pengaturan berkaitan dengan blog mencakup pengaturan dasar, publikasi, komentar, arsip, emial, dan perizinan.

    fasilitas pengaturan atau settings ini memiliki 9 (sembilan) sub yang meliputi:

    1. Basic :
    ini merupakan pengaturan dasar untuk menentukan link, pencarian searh engine Google, email, dan lain sebagainya dalam blog.

    2. Publishing :
    ini merupakan sub fasilitas Settings yang menginformasikan tentang domain atau daerah publikasi blog SOBAT. Secara default, blog SOBAT terpublikasikan dalam domain blogspot.com. jika SOBAT menghendaki domain lain untuk mempublikasikan blog SOBAT, maka SOBAT bisa menggunakan Custom domain. dengan custom domain, SOBAT bisa memciptakan domain untuk alamat blog sendiri. namun penggunaan Custom domain ini tidak lah gratis seprti domain blogspot.com. SOBAT diwajibkan untuk membeli dan mendaftarkan domain tersebut ke Google partner yang ketentuannya dapat SOBAT lihat dengan meng-klik link Custom Domain dan konten sub fasilitas publishing.

    3. Formatting :
    merupakan pengaturan untuk menentukan jumlah post yang ditampilkan dalam blog, tanggal, index, arsip, dan lain sebagainya.

    4. Comments :
    merupakan subfasilitas untuk mengatur setiap komentar yang masuk ke dalam blog SOBAT. Pada subfasilitas ini, SOBAT bisa mengatur siapa saja orang yang bisa memberikan komentar pada blog SOBAT dengan menampilkan profil dari orang yang memberikan komentar, dan lain sebagainya.

    5. Archiving :
    merupakan subfasilitas untuk mengatur frekuensi pengarsipan post-post yang anda publikasikan jika SOBAT aktif menulis dan menerbitkan post ke dalam blog SOBAT, maka SOBAT perlu melakukan pengaturan pada subfasilitas ini agar post-post yang SOBAT publikasikan dapat terkelompokkan atau tertata dengan baik.

    6. Site feed :
    merupakan subfasilitas yang berfungsi sebagai mesin pembaca dalam blog SOBAT yang bisa mengambil informasi yang SOBAT butuhkan dari website atau situs lain.

    7. Email :
    merupakan subfasilitas yang digunakan untuk membuat post malalui email. untuk melakukan hal tersebut, terlebih dahulu SOBAT harus mengatur alamat Mail-to-Blogger sehingga post yang SOBAT buat vie email dapat terpublikasi dalam blog SOBAT

    8. OpenID :
    merupakan sub fasilitas yang digunakan untuk mengatur identitas orang-orang yang memberikan komentar pada blog anda.

    9. Permissions :
    merupakan subfasilitas yang berfungsi untuk mengatur atau menentukan siapa saja yang bisa menjadi penulis dan pembaca blog SOBAT
  3. Layout

    Merupakan tampilan blog yang mencakup template yang di dalamnya meliputi warna dan jenis font, header, dan sidebar. Fasilitas Layout berfungsi untuk mengedit tampilan blog tersebut.

    Fasilitas Layout memiliki 4 (empat) subfasilitas, yaitu:

    1. Page Elements :
    sub fasilitas Layout yang satu ini berfungsi untuk mengedit elemen-elemen halaman pada blog yang terdiri dari navbar, header, blog posts, blog archive dan about me atau profile.

    2. Fonts and Colors :
    subfasilitas ini digunakan untuk mengedit atau mengubah jenis, ukuran, dan warna font yang ditampilkan dalam blog.

    3. Edit HTML :
    sub fasilitas ini digunakan untuk mengubah template melalui script atau kode HTML. Keberadaan sub fasilitas ini bisa jadi membantu SOBAT untuk menciptakan template sendiri. Namun, bagi SOBAT yang kurang memahami tentang script atau kode HTML, sebaiknya SOBAT tidak mengubah template melalui cara ini, karena jika terdapat kesalahan maka tamplate yang SOBAT inginkan tidak akan muncul untuk menampilkan blog SOBAT.

    4. Pick New Template :
    untuk memperbarui atau mengganti tamplate. SOBAT bisa memanfaatkan subfasilitas yang satu ini. Perubahan tamplate diperlukan agar SOBAT atau pengunjung blog SOBAT tidak bosan dengan tampilan blog yang monoton dari waktu ke waktu. Tetapi jika SOBATmementingkan blog SOBAT mudah untuk dicari oleh Google ada baiknya SOBAT tidak sering-sering mengganti template.
Selamat berkarya..salam sukses untuk malam ini....jangan bosan untuk belajar, belajar dan belajar, praktek dan praktek....SALAM BLOGGER...Hmm

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More