Senin, 08 November 2010

Pengunjung Datang Untuk Blogspot atau .Co.Cc Anda?

Pengunjung Datang Untuk Blogspot atau .Co.Cc Anda?

Setelah absen hampir dua bulan dari dunia blogging, akhirnya aktifitas online kembali pulih. Termasuk cek interaksi di Mas Doyok Answers (Silahkan daftar bagi yang belum ikutan). Dan, saya menemukan satu pertanyaan menarik yang mungkin juga, selama ini menjadi pertanyaan dalam benak Anda. Saya kutipkan...

"Jika para pengunjung mengunjungi blog saya yang berdomain .blogspot.com, itu berarti pengunjung blog saya sebenarnya mengunjungi blog saya yang berdomain .co.cc atau yang berdomain .blogspot.com?"

Nah, kembali lagi soal URL dan URL. Sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu tahu jika penggunaan domain .co.cc bisa dengan dua cara. Yakni, hanya URL Forwarding saja atau dijadikan sebagai domain tetap. Penggunaan cara yang berbeda akan mengakibatkan hasil yang berbeda pula. Berikut beberapa point permasalahan mengenai hal ini:

http://i52.tinypic.com/rs8ll1.jpg


1. Yang dibahas kali ini adalah satu blog. Jangan salah paham ketika saya menggunakan kata-kata alamat blogspot Anda dan alamat .co.cc Anda maka Anda mengiranya ada dua blog berbeda yang diperbandingkan. Blogspot yang telah diubah domainnya, maka blog tersebut bisa diakses dengan dua alamat. Yakni alamat aslinya menggunakan blogspot dan alamat domain barunya (misal .co.cc). Jadi, yang diperbandingkan adalah 2 alamat dalam satu blog.
2. Jika berganti domain, maka gunakan domain sebagai domain permanen (zone record) dan bukan hanya URL forwarding saja.
3. Setelah Anda mengganti domain secara permanen (zone record) maka domain itu menjadi domain utama, sehingga setiap orang mengetikkan alamat blogspot Anda, maka otomatis alamat yang tertera pada address bar akan berubah menjadi .co.cc
4. Nilai Alexa berbeda antara alamat blogspot asli dan .co.cc. Yang dipantau Alexa adalah alamat  .co.cc, bukan alamat asli blogspotnya, karena yang dicatat sebagai kunjungan oleh Alexa adalah alamat yang tertera saat blog selesai di load yaitu alamat .co.cc seperti point nomer 3.
5. Pagerank blogspot dan .co.cc Anda akan sama. Matt Cutts (pentolan karyawan Google soal SEO) pernah mengatakan dalam blognya (www.mattcutts.com) bahwa perubahan domain tidak akan mempengaruhi dengan pageRank. Namun untuk antisipasi sebaiknya, setelah Anda berganti domain sesegeralah mungkin mencari backlink untuk domain yang baru. Coba Anda tes dengan cara ketikkan di Google site:alamatblogspotAnda dan site:alamat.co.cc Anda.
6. Yang lebih kuat muncul di mesin pencari adalah domain .co.cc Anda  karena alamat blogspot sudah dialihkan ke domain .co.cc sesuai point 3 dan 4. Yang lebih sering muncul dan yang memiliki peringkat lebih baik di mesin pencari adalah .co.cc, maka kedatangan ke blog Andapun lebih banyak untuk .co.cc Anda.

Jika kita buat suatu perumpamaan....
Misalkan Anda memiliki nama Budi dan karena suatu alasan akhirnya Anda merubah nama Anda menjadi Roni. Nah, memang ketika Anda dipanggil Budi ataupun dipanggil Roni, maka Anda akan sama-sama datang,. Namun secara legalitas Anda harus merubah AKTA hingga KTP Anda agar Anda di akui oleh negara. Seperti ketika Anda mengganti domain, maka Andapun harus daftar ulang di Google Webmaster Tools agar blog Anda diakui oleh Google. Dan karena sekarang nama legal Anda adalah Roni, maka Anda pun harus selalu menggunakan nama Roni. Ketika Anda berkenalan dengan teman baru, maka sekarang Anda mengatakan "Saya Roni", begitupun saat bertukar link, sebaiknya Anda sekarang menggunakan domain yang baru. Sampai akhirnya Anda lebih dikenal sebagai Roni dan bukan lagi Budi. Contoh nyata adalah blog ini yang lebih dikenal sebagai masdoyok.co.cc daripada blog-trik-tip.blogspot.com, meski ketika Anda memanggil dengan cara yang kedua blog ini akan tetap tampil... Selamat malam dan semoga tulisan ini bermanfaat...

Selengkapnya di www.MasDoyok.co.cc Pengunjung Datang Untuk Blogspot atau .Co.Cc Anda?

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More