Senin, 29 November 2010

Cara Utak-atik Tampilan Font pada Kolom Komentar

Pernahkah sobat ingin memberi penekanan khusus pada kata-kata tertentu saat menulis di kolom komentar? Baik sebagai pemilik maupun sebagai pengunjung sebuah blog. Mungkin sobat ingin menanyakan atau menjelaskan sesuatu yang menjadi inti komentar sobat. Sebagai contoh misalnya anda ingin menulis seperti ini:

Kalausobat benar-benar ingin utak atik font pada kolom komentar, memang harus bisa nulis kode HTMLsobat. Walau pun nggak harus jago. Kalau nggak, jelas nggak bisasobat.
Nah, tulisan yang dicetak tebal adalah kata-kata yang ingin kita tonjolkan. Karena itu tampilannya harus dibedakan dari kata-kata yang lain. Biasanya untuk menonjolkan sebuah kata, kita akan menggunakan tanda kutip, huruf tebal, huruf miring, memberi warna atau pun background pada kata-kata tersebut.

Tapi yang menjadi masalah, fasilitas untuk utak-atik font ini tidak ada pada kolom komentar. Kita hanya bisa menulis dengan cara biasa dan hasilnya pun juga dengan tampilan yang biasa-biasa. Lantas adakah jalan keluar untuk ini?

Jawabannya ada! Yaitu dengan menambahkan sedikit kode HTML pada kata yang ingin kita tonjolkan tersebut. Beberapa kode HTML yang lazim digunakan adalah:

<span style="font-size: 12px;"></span> (untuk ukuran font)
<b> </b> (untuk huruf tebal)
<i> </i> (untuk huruf miring)
<strike> </strike> (untuk huruf yang dicoret)
<div style="color:#dddddd;"></div> (untuk warna huruf)
<div style="background-color:#dddddd;"></div> (untuk warna background huruf)

Sebagai catatan, kode yang berwarna hitam tebal adalah tag pembuka. Sedangkan kode yang berwarna biru adalah sebagai tag penutup. Kedua kode ini harus ditulis berpasangan. Kata yang akan diberi variasi harus berada diantara kedua tag tersebut. Jika pasangan tag ini tidak lengkap maka tidak akan terjadi perubahan apa-apa pada fontnya. Biasanya akan muncul peringatan eror. Sebagai contoh maka penulisannya akan menjadi seperti ini:

<b>huruf tebal</b>
<i>huruf miring</i>
<strike>huruf dicoret </strike>
<span style="font-size: 12px;">huruf ukuran 12 pixels</span>
<div style="color: #dddddd;">huruf berwarna abu-abu</div>
<div style="background-color: #dddddd;">huruf dengan background abu-abu</div>

Sebagai tambahan, yang berwarna hijau adalah ukuran fontnya. Sedangkan yang berwarna merah adalah kode untuk warnanya. Kedua ini bisa anda ganti sesuai keinginan
sobat. Jika kesulitan dengan kode warna sobat bisa lihat Daftar Kode Warna.

Kemudian untuk menyisipkannya kode tersebut dalam sebuah kalimat, contoh penulisannya menjadi seperti ini:
Kalau sobat benar-benar ingin <b>utak atik font di kolom komentar</b>, memang harus bisa nulis kode <div style="color: #dddddd;">HTML</div> sobat.
Gimana?
Sekarang
sobat tinggal pilih untuk menggunakan beberapa kode tersebut sesuai variasi huruf yang sobat inginkan. Sebagai uji coba sobat boleh tes pada kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Salam Blogger....

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More