Sabtu, 11 September 2010

LP Jambi Jadi Lautan Manusia, Rayakan Idul Fitri


KOTAJAMBI - Hari ini umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri 1431 H. Di hari lebaran pertama ini dimanfaatkan umat muslim untuk bersilaturahmi. Begitu pula bagi mereka yang anggota keluarganya sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP).
Situasi LP Klas IIA Kota Jambi Jum’at (10/9) berbeda dengan hari biasa. Hari ini LP itu menjadi lautan manusia. Ratusan narapidana mendapatkan kunjungan dari sanak-keluarga. Mereka saling bermaaf-maafan dan menikmati ketupat lebaran bersama.

Baru 30 menit loket antrean dibuka jumlah pengunjung yang datang sudah mencapai 170 orang. Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung dan menjaga keamanan serta ketertiban, pihak LP memberi nomor antrean dan kartu pengenal. Tangan para pembezuk diberi stempel yang tidak boleh dihapus hingga kunjungan usai.
Dihari lebaran ini para narapidana diberikan “hadiah” khusus, berupa perpanjangan kunjungan lebih 30 menit dari hari biasa. Keistimewaan itu diberikan selama 5 hari berturut-turut.
Kepala LP Jambi, Bowo Nariwono, mengatakan, banyaknya pengunjung pada hari lebaran membuat pihaknya terpaksa membatasi kunjungan, karena terbatasnya kapasitas ruang kunjung. Apalagi jumlah narapidana juga sudah over kapasitas. LP Jambi yang hanya berkapasita 200 orang dihuni oleh 803 narapidana.
Seorang pengunjung, Dahlan, mengaku datang menjenguk anaknya yang baru 2 bulan berada di LP. Lebaran tahun ini lebaran pertamanya berpisah dengan anak ketiganya yang tersandung kasus narkoba.
Sebelum mendapatkan kunjungan lebaran, 460 narapidana berkumpul di lapangan LP melaksanakan shalat Ied. Sejumlah narapidana juga menerima remisi. Jumlahnya ada 317 orang, yang 10 orang diantaranya menerima remisi bebas. (infojambi.com)
laporan : aldi panri  l  editor : doddi irawan

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More