Sabtu, 30 Oktober 2010

Sungai Penuh Online : Diprediksi, sejak 2008 badak sumatera sudah punah

KERINCI | SURYA Online - Keberadaan Badak Sumatera di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat saat ini diperkirakan sudah punah, karena jejaknya sudah tidak ditemukan lagi.
Staf Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Dedi di Kerinci, Jumat (29/10/2010), mengatakan, dari patroli-patroli, pemantauan dan pencatatan yang dilakukan sejak 2008, pihaknya tidak lagi menemukan jejak, bekas kubangan, goresan cula di batang pohon dan aroma urinenya. Tanda-tanda tersebut adalah kebiasaan naluriah hewan dalam menandai daerah teritorialnya.

Artinya, sejak 2008 diyakini sudah punah dari rimba TNKS, meskipun pihak TNKS hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi kepada Kementrian Kehutanan.
Namun, meskipun di rimba TNKS keberadaan badak Sumatera tersebut sudah tidak ditemukan lagi, hal tersebut tidak berarti keberadaan badak Sumatera sudah punah di Sumatrea sebagai habitat aslinya.
“Mungkin di daerah atau kawasan lain populasi hewan dilindungi itu masih cukup besar, seperti di Lampung dan Bengkulu,” kata Dedi.
Di Kerinci habitat badak Sumatera sebelumnya dapat ditemukan di Lempur, Birun, Ulu Sipirok dan Bukit Tapan. Saat ini di kawasan tersebut sama sekali sudah tidak ditemukan lagi adanya tanda-tanda keberadaannya.
Di sisi lain, meskipun satwa langka badak Sumatera sudah hilang dari rimba TNKS, namun adapula jenis satwa lainnya yang sebelumnya telah dinyatakan punah ternyata masih ada, seperti Kelinci Kerinci dan burung Abang Pipi (Lophura Inornata). “Ternyata belum punah dari rimba TNKS, hanya saja untuk dapat menjumpai satwa ini tergolong sangat sulit,” ungkap Dedi.
Sumber : Surya Online

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More