Rabu, 27 Oktober 2010

Sungai Penuh Online : Usman Dilantik 27 Januari

KUALATUNGKAL - Pasangan Usman Ermulan-Katamso resmi menjadi pemenang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tanjab Barat. Kemarin (25/10), KPUD Tanjab Barat menetapkan pasangan yang diusung PAN, Golkar, PDK, PBB dan sejumlah partai gurem itu sebagai bupati-wakil bupati terpilih periode 2011-2016.
Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara KPUD yang digelar di Hotel Aryadh Kualatungkal. Dari hasil rekapitulasi penghitungan surat suara, pasangan Usman Ermulan-Katamso meraih 76.414 suara atau 54 persen. Sedangkan Safrial-Yamin 64.487 suara atau 46 persen. Sedangkan Ketua KPUD Tanjab Barat Syahrial, mengatakan, hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara sah Pemilukada Tanjab Barat tahun 2010 itu ditetapkan berdasarkan Berita Acara Nomor 270/27/BA-P.KADA/KPU-TJB/2010 tanggal 25 Oktober 2010. Isinya, jumlah perolehan seluruh suara sah pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sebanyak 140.901 suara.
“Pasangan nomor urut 1, Safrial-Yamin perolehan suara sahnya sebanyak 64.487 atau 46 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Usman-Katamso suara sahnya sebanyak 76.414 suara atau 54 persen,” kata Sahrial.
Hasil akhir perolehan suara sah tersebut, menurut dia, mempedomani Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang Nomor 12 tahun 2008 pasal 107 ayat (1). Isinya, pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 50 persen jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan terpilih.
“Pasangan calon yang memperoleh suara sah lebih dari 50 persen itu adalah Drs H Usman Ermulan, MM dan Katamso. SA, SE, ME dengan persentase 54 persen,” terangnya.
Rapat pleno penghitungan surat suara dan penetapan calon terpilih hanya dihadiri oleh pasangan Usman Ermulan-Katamso beserta istri. Sementara, Safrial-Yamin terlihat tidak hadir. Selain itu, jajaran Muspida Tanjab Barat, Panwaslu, PPK juga terlihat hadir.
Menurut Ketua Tim Pemenangan SbY, Bakhtaruddin, ketidakhadiran Safrial dan Yamin dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di Kota Jambi. Selain itu, mereka menilai jadwal rapat pleno KPUD sangat mepet, sehingga tidak memberikan ruang bagi tim sukses yang berada di bawah untuk melaporkan hasil penghitungan versi tim sukses SbY. “Artinya rapat pleno itu terkesan terlalu dipaksakan, padahal waktunya masih panjang sampai tanggal 28 Oktober nanti,” kata Bakhtaruddin ketika dikonfirmasi via ponselnya sore, kemarin (25/10).
Anggota KPUD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Sri Kasneli, membantah rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan calon terpilih terlalu dipaksakan. “Rapat pleno ini sudah sesuai dengan jadwal tahapan Pemilukada. Selain itu, kita mengacu pada peraturan KPU nomor nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman tata cara pelaksanaan rekapitulasi akhir,” jelas Sri Kasneli.
Dia merinci, sesuai jadwal dan tahapan tanggal 21 Oktober pelaksanaan pemungutan suara. Lalu tanggal 22-23 rekapitulasi di PPK, kemudian 22-24 rekapitualsi penghitungan di KPUD. Dan 24-31 Oktober 2010 penetapan calon terpilih. Sedangkan pelantikan dan pengambilan sumpah janji akan dilaksanakan tanggal 27 Januari 2011 mendatang. “Jadi, dimana istilah terlalu dipaksakan itu. Sementara rapat pleno KPUD digelar tanggal 25 Oktober,” jelasnya.
Di bagian lain, usai rapat pleno KPUD, Usman Ermulan didampingi Katamso terlihat tersenyum lepas diikuti para pendukung dan tim suksesnya. Pasangan nomor urut dua itu langsung menyapa sejumlah wartawan yang tengah meliput sembari mengucapkan terimah kasih kepada seluruh masyarakat Tanjab Barat atas dukungan yang telah diberikan.
Dukungan itu, katanya, merupakan tugas berat dan tanggung jawab besar di pundaknya bersama Katamso untuk membenahi Tanjab Barat sesuai dengan
keinginan masyarakat. Dia menyatakan siap menerima semua masukan dari semua pihak. Termasuk pemimpin-pemimpin terdahulu jika mau menyumbangkan pemikiran-pemikiran yang positif dalam membangun Kabupaten Tanjab Barat lebih baik. “Siapapun orangnya saya siap menerima masukan atau saran demi daerah ini lebih baik lagi,” ujar Usman.
Tak lupa Usman mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara Pemilukada Tanjab Barat tahun 2010, jajaran Kepolisian, TNI dan lembaga terkait yang sudah bersusah payah mengamankan tahapan pelaksanaan pemilukada.
Tak jauh berbeda, Katamso juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Pemilukada Tanjab Barat secara aman, damai dan tertib. Dia berjanji akan bekerja sama dengan Usman Ermulan dan segenap masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mewujudkan visi dan misi yang mereka usung. “Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa membukakan jalan dan memberi petunjuk kepada kita semua untuk membangun daerah ini,” kata Katamso.
Pantauan di lapangan, situasi rapat pleno KPUD berlangsung aman dan lancar. Aparat kepolisian di-backup TNI terlihat melakukan penjagaan yang cukup ketat di lingkungan tempat pelaksanaan pleno KPUD. Bahkan ruas Jalan Hotel Aryadh ditutup sementara agar pelaksanaan pleno berjalan aman dan lancar.(aki)
Sumber : Jambi Independent Online

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More