Jumat, 05 November 2010

Sungai Penuh Online :Gunung Kerinci Picu Gempa

SUNGAIPENUH - Aktivitas Gunung Kerinci kemarin (3/11), masih dikategorikan waspada. Namun, intensitas gempa vulkanik yang dipicu oleh aktivitas gunung tersebut makin meningkat dari hari sebelumnya. Dari pantauan alat seismograf, tercatat dari pukul 00.00 – 07.00, kemarin terjadi lima kali gempa. Sebelumnya, pada Minggu (31/10) lalu, Gunung Kerinci juga memicu lima kali gempa. Lalu, pada hari Senin (1/11) lima kali, dan pada Selasa (2/11) sedikitnya tercata 15 kali gempa.
Kepala Pos Vulkanologi dan Pemantau Gunung Kerinci Heri Prasetyo, mengatakan, aktivitas vulkanis Gunung Kerinci memang meningkat dan sudah menyeburkan asap. Namun, masih dalam batas kewajaran. “Bahkan pada Selasa pagi, mulai menyemburkan asap vulaknik,” katanya.
Sebagai gunung berapi yang masih aktif, aktivitas semburan atau keluarnya asap vulkanik tersebut masih tergolong normal dan terjadi sebagai akibat pergerakan dan pergolakan arus magma di perutnya. “Kondisi Gunung Kerinci ini masih dalam batas kewajaran. Ya, waspada normal lah,” sebutnya.
Heri juga menjelaskan, perubahan aktivitas vulkanis yang paling kentara adalah peningkatan intensitas kegempaan yang kini sudah terjadi setiap hari. Rata-rata 5-6 kali. “Saat ini status Gunung Kerinci sudah dinaikkan menjadi waspada. Artinya memang telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Namun, kondisi tersebut masih dalam ambang normal atau kewajaran,” jelasnya.
Meski demikian, Heri mengingatkan agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari risiko akibat perubahan aktivitas yang sulit diprediksi. Apakah ini ada kaitan dengan gunung Merapi yang meletus di Yogyakarta? Heri mengatakan, aktivitas Gunung Kerinci tidak ada sangkut pautnya dengan yang lain.
“Peningkatan aktivitas vulkanik di satu gunung bukan merupakan tularan dari gunung berapi lainnya. Karena setiap gunung berapi memiliki kantong magma sendiri,” katanya.
Dia juga mengatakan, cuaca pada beberapa hari ini memang agak tidak bersahabat. Tingginya idensitas hujan menyebabkan puncak Gunung Kerinci diselimuti kabut tebal.(ian)
Sumber : Jambi Independent Online

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More