Rabu, 17 November 2010

Sungai Penuh Online : Ka'bah Ganti Kiswah Baru

Satu kiswah membutuhkan 150 kg benang emas dan perak dengan total biaya 4,5 juta dolar

Hidayatullah.com--Ka'bah mendapatkan kiswah baru, Senin (15/11). Penggantian kiswah dilakukan rutin pada setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Para pejabat dari Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci menurunkan kiswah lama dan menggantinya dengan kiswah baru dari kain sutra buatan Pabrik Kiswah Makkah.
Acara penggantian kiwah dihadiri oleh perwakilan dari Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci dan Pabrik Kiswah Makkah. Penggantian dilakukan dengan cara khusus, di mana kiswah baru di pasang dari arah atas, sementara kiswah lama ditarik dari arah bawah.

Pabrik Kiswah Makkah didirikan di makkah sekitar 74 tahun silam oleh pendiri Kerajaan Arab Saudi, Raja Abdulaziz. Setiap tahun kiswah baru dibuat di pabrik tersebut dan dikerjakan oleh orang-orang Saudi.

Satu kiswah membutuhkan 670 kg sutra murni serta 150 kg benang emas dan perak untuk mengukir ayat-ayat Qur`an di atasnya. Ukurannya mencapai 658 m2, yang terdiri dari 47 lembaran. Setiap lembaran panjangnya 14 meter dengan lebar 95 cm. Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu kiswah sekitar 16,8 juta riyal (4,5 juta dolar).[di/an/hidayatullah.com]

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More