Kamis, 25 November 2010

Sungai Penuh Online : Pemkab Janji Segera Bayar

Gaji 320 Guru Kontrak

Permasalahan tertundanya pembayaran gaji 320 orang tenaga guru kontrak di lingkungan Pemkab Bungo selama empat bulan terakhir, akan segera diselesaikan. Sekda Bungo Khaidir Saleh menjanjikan akan segera membayar gaji itu dalam waktu dekat.
”Kalau tidak akhir bulan ini, kita akan usahakan bulan depan,” ujar Khadiri Saleh, kemarin (24/11).
Terkait keterlambatannya, sekda tidak memungkiri itu dikarenakan defisit anggaran yang dilami Pemkab Bungo beberapa waktu lalu. Menurutnya, banyak perhitungan yang lari dari perencanan awal, ”banyak sasaran yang meleset, akibat hal yang tidak kita duga,” katanya.
Ditambahkan, sebenarnya apa yang menjadi hak para guru sudah dimasukkan dalam anggaran APBD 2010. Besar dana yang diangarakan berkisar Rp 3 miliar. Namun sumber pemasukan tidak sesuai prediksi semula. ”Kita ada masukkan dalam anggaran, kalau tidak salah kisarannya Rp 3 miliar, makanya kita adakan guru kontrak,” ungkapnya.
Saat disinggung gambaran yang menyebabkan pendapatan di luar prediksi, sekda kembali mengungkapkan, banyaknya dana hibah, dana bagi hasil, dana perimbangan, hasil dari royalti dan sumber pendapatan lainnya, hingga kini belum disetor ke pemkab. Akibatnya, tunggakan itu membuat gaji guru kontrak tak terbayar.
Sementara itu, jauh hari sebelumnya, Pemkab Bungo telah melakukan usaha untuk mengejar dan mencari tahu kejelasan dana yang terlambat masuk tersebut. Menurutnya, seharusnya dana tersebut sudah ditransfer. Menurut informasi lain, dana sudah turun dari pusat dan sudah dipegang oleh biro keuangan provinsi dan ditransfer, ”hari ini (kemarin, red) sudah ditransfer dan besok (hari ini, red) akan kita cek sudah masuk atau belum,” ungkapnya.
Hanya saja, jika nanti masih di luar dugaan, ia kembali menegaskan pihaknya akan tetap mengejar dana tersebut. ”Kita tinggal menunggu kapan turun dananya,” tandasnya.
Di tempat terpisah, anggota Komisi III DPRD Bungo Taqi Marwah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, apa yang telah menjadi hak para guru harus segera dibayarkan. Kalau memang sudah masuk dalam anggaran tahun ini, pemerintah diharap tak lagi menunda-nunda pembayaran honor bagi guru tersebut, ”kita harus bayar dengan cepat,” katanya.
Dalam menghadapi permasalahan ini, ia meminta pemerintah bijaksana dalam mengambil solusi. Tidak menunda-nunda lagi pembayaran.(*)

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More