Senin, 08 November 2010

Sungai Penuh Online : Yang Jadi Kades Orang Luar Biasa

SUNGAIPENUH - Kepala Desa (Kades) di Kab Kerinci merupakan ujung tombak dari 22 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Demikian disampaikan Bupati H Murasman saat melantik Kades Sebukar, Kec Sitinjau Laut, Zurhibban, Minggu (07/11) kemarin.

Dikatakan bupati, bagaimana pun 22 SKPD yang ada tak bisa terlepas dari peranan desa, lantaran semuanya berkaitan dengan desa dan Kades. Mulai dari Dinas PU, Pertanian, Perikanan, termasuk Koperasi. Semua sasarannya adalah masyarakat desa. “Jadi, ada 22 SKPD yang berkaitan langsung dengan desa,” kata Murasman.
Bupati menjelaskan, Kades adalah orang yang luar biasa. Sebab, seluruh persoalan atau bidang yang ada di desa harus dikerjakannya, seperti orang menikah dan pertanian. ‘’Kalau saya mengatakan, Kades itu orang luar biasa,’’ ujarnya.
Bupati minta seluruh Kades untuk berlomba-lomba dalam hal pembangunan. Seperti di Sebukar, dari pengamatannya ada dua hal yang harus dikejar oleh Kades yakni pembangunan irigasi dan jalan. ‘’Kalau di Sebukar ada irigasi dan jalan lancar, pasti masyarakat akan sejahtera,” jelasnya.
Kades, tuturnya, juga harus memperhatikan aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat, termasuk dengan pemangku adapt. Jangan tiap ada persoalan yang timbul selalu dibawa ke ranah hukum. Ini menandakan hukum adat atau Kades sudah tak berfungsi. ‘’Tiap ada masalah kecil dilaporkan ke pihak berwajib, itu salah. Dimana peran Kades dan orang adat,” cetusnya.
Bupati juga menyentil aksi demonstrasi. Demo bukan budaya orang Kerinci. ‘’Kita bisa lihat orang tua-tua dulu. Mana pernah ada demo. Semua persoalan diselesaikan secara adapt. Demikian pula kita sekarang. Demo tidak akan menyelesaikan masalah. Lebih baik kita duduk bersama. Jika sudah duduk bersama, semua persoalan akan tuntas,’’ tandasnya.
(ika) hasEML = false;

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More