Selasa, 24 Mei 2011

Inilah Akibat Rem Blong dan Kurang Perhatian Pada Kendaraan


SUBANG - Rem Blong, Bus Terguling , Satu Tewas, 6 Luka Berat, 12 Pelajar Luka Ringan Jalur Subang-Bandung, yang biasa disebut Tanjakan Emen, kembali memakan korban. Kali ini, satu balita tewas di tempat, belasan lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang terjadi, Sabtu (14/5).Sebuah bus yang membawa puluhan pelajar kelas XII SMAN 1 Panongan, Tanggerang yang hendak studi tour, terguling di Cicenang, Tanjakan Emen. Bus Dewi Sri dengan nomor polisi G 1615 BE itu mengalami kecelakaan pada pukul 13.00.

Kapolres Subang AKBP M Awal Chairuddin SIK MH, melalui Kasat Lantas AKP Agun Guntoro SH didampingi Kapolsek Jalancagak Kompol H Agus Suryana SH, membenarkan adanya peristiwa naas tersebut. Menurut Agun, telah terjadi kecelakaan lalu lintas di Kampung Cicenang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater.

Kecelakaan tersebut bermula saat bus Dewi Sri yang melaju dari arah Bandung menuju Sari Ater melintas di jalan menurun dan menikung. Bus pun tidak terkendali kemudian oleng ke kiri. "Oleng ke kiri diakibatkan rem blong. Kemudian keluar bahu jalan dan membentur tebing di jalur tersebut. Setelah membentur, bus terguling ke kanan dan terlempar sekitar 40 meter," kata Agun kepada Pasundan Ekspres (grup JPNN).

Akibat kejadian tersebut, Raisya Putri Zuraida, balita berusia 1 tahun 3 bulan, anak salah seroang guru, meninggal dunia. Enam orang luka berat dan 12 orang lainnya luka ringan. "Korban segera dilarikan ke Klinik Medika Assyfa Ciater, Puskesmas Jalancagak bahkan ada yang langsung ke RSUD Ciereng untuk pertolongan pertama," tambahnya.

Petugas Puskesmas Jalancagak pun mengatakan, ada sekitar 16 orang yang dibawa ke tempatnya. Namun karena lukanya cukup parah ada beberapa yang dirujuk ke RSUD Ciereng. "Korban kebanyakan menderita patah tulang dan lecet," cetus petugas Puskesmas Jalancagak, Yayat.

Sesaat setelah bus terguling, Hadi Sutarno (42) warga kampung Utan RT03, RW02, Kelurahan Wanasari, Kabupaten Tanggerang, yang merupakan pengemudi bus, langsung kabur menuju kantor polisi terdekat. Hadi mengakui, dirinya tidak kuat mendengar jeritan penumpang bus yang bersimbah darah di dalam bus. Dirinya langsung memberhentikan truk dan minta diantar ke kantor polisi terdekat.

"Saya langsung ke Polsek Jalancagak untuk melaporkan kejadian dan meminta perlindungan, karena takut dihakimi massa," ujarnya kepada media ini.

Ketika dimintai keterangan mengenai kejadian tersebut, Hadi mengaku bahwa penyebab kejadian tersebut akibat rem blong. Sebelum menuju Ciater, bersama satu bus lainnya, Hadi mengaku mereka sempat beristirahat di Cikole selama 30 menit. Saat itu, rem masih berfungsi ketika melintasi jalan menurun atau menanjak.

"Namun ketika di Tempat Kejadian Perkara (TKP), tiba-tiba rem blong dan saya pun sempat menanyakan kepada kernet bus. Saya tidak panik dan mencoba menggunakan rem tangan, namun masih tetap lolos. Kecepatan pada saat itu sekitar 70 kilometer per jam," terangnya.

Keputusannya membelokkan ke kiri jalan, menurut Hadi menjelaskan, adalah karena dirinya tidak mau mengambil resiko yang lebih besar jika tidak keluar ke bahu jalan. Soalnya di depan bus, ada empat mobil lainnya yang akan terhantam, bahkan bisa menjadi kecelakaan dan memakan korban yang lebih banyak.

"Kalau terus mengikuti jalur, bukan hanya mobil yang searah dengan saya yang akan kena, tetapi yang berlawanan arah pun pasti juga akan lebih parah," jelasnya. (vry)
Sumber : Pahdizul.com

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More