Sabtu, 11 Juni 2011

Inilah Lukisan Termahal di Dunia

"Nude, Green Leaves, and Bust" karya Pablo Picasso
Kerincigoogle.com  — "Nude, Green Leaves, and Bust", lukisan karya Pablo Picasso yang digadang-gadang sebagai yang termahal di dunia, akan segera terjual dalam lelang yang digelar pada hari Senin di Galery Tate Modern, London.

Lukisan yang dibuat pada 1932 itu sempat laku dengan harga 106,5 juta dollar AS di balai lelang Christie's, New York, tahun lalu.
Kali ini karya maestro Spanyol itu akan dipinjamkan pada galeri Tate oleh seorang kolektor pribadi dan dipamerkan di ruangan "Pablo Picasso" di bagian "Poetry and Dream" di galeri itu.
"'Nude, Green Leaves, and Bust' adalah salah satu dari serangkaian lukisan Picasso tentang kekasihnya, Marie-Therese Walter, yang dibuat di Boisgeloup, Normandia, Perancis, awal 1932," kata Nicholas Serota, Direktur Rumah Lelang Tate, seperti dikutip Reuters.
"Lukisan-lukisan itu dikenal luas sebagai yang terbaik dari pencapaian Picasso selama masa perang," ujar Serota.
Picasso bertemu Walter pada 1927. Namun, hubungan keduanya tetap tersimpan rapat dari istri Picasso, Olga Khokhlova, seorang balerina dari Rusia.
Menurut rumah lelang Tate, sejak 1931 hingga 1932, Picasso mulai memahat dan melukis karya yang merupakan manipulasi eksplisit dan erotis dari tubuh Walter.
Meskipun Picasso lama digosipkan berselingkuh dengan Walter, "Nude, Green Leaves, and Bust" adalah satu dari karya yang mempertontonkan obsesi pasangan itu terhadap satu sama lain.
Sebelum terjual pada Mei tahun lalu, karya itu menjadi koleksi Sidney dan Frances Brody yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, hampir selama enam dekade.
Mereka memperoleh lukisan itu pada 1951 dari Paul Rosenberg & Co, perusahaan yang berbasis di Paris dan New York.
Perusahaan ini mendapatkan lukisan tersebut dari Picasso sendiri pada 1936.
Selama periode itu, lukisan tersebut hanya pernah satu kali dipamerkan, yakni pada 1961, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-80 Picasso.

Sumber : kerinci

Artikel yang berkaitan




0 komentar:

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More