Kamis, 02 Desember 2010

Sungai Penuh Online : Indonesia - Malaysia, 5 - 1

JAKARTA - Timnas Indonesia memulai langkah di Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) 2010 dengan sempurna. Menghadapi laga emosional di partai perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, tadi malam, Indonesia berhasil mengganyang Malaysia dengan skor telak 5-1 (2-1).

Lima gol Pasukan Garuda, julukan timnas Indonesia, masing-masing dicetak Asroruddin Putra Bin Omar (21/bunuh diri), Christian Gonzalez (33), M. Ridwan (52), Arif Suyono (76), dan Irfan Bachdim (93).
Kemenangan ini untuk sementara menempatkan Indonesia di puncak klasemen sementara grup A tersebut. Malaysia sempat membuat gol kejutan di menit ke-17 lewat aksi Norshahrul Idlan Bin Talaha.
Kemenangan ini membuat posisi Indonesia di atas angin. Jika berhasil memetik kemenangan di partai kedua atas Laos lusa (4/12), anak asuh Afred Riedl tersebut dipastikan melenggang ke semifinal.
Penampilan timnas pada partai perdana tadi malam layak diapresiasi. Firman Utina dkk tampil ngotot sejak peluit kickoff dibunyikan hingga pertandingan usai. Mental tim tidak drop meski sempat tertinggal. Meski demikian, para pemain juga masih kerap memeragakan kesalahan yang tidak semestinya.
Dalam sesi jumpa pers seusai pertandingan, Riedl mengaku sangat senang dengan hasil tersebut. Pelatih asal Austria itu terkejut dengan kemenangan telak tim asuhannya atas Malaysia.
“Saya tidak menyangka bisa menang dengan skor 5-1. Idealnya, melihat perbandingan kekuatan di lapangan, kami akan menang 3-1 saja," kata Riedl. "Saya sangat mengapresiasi semangat para pemain yanga tinggi. Kemauan pemain untuk bangkit begitu besar," lanjutnya.
Namun, mantan pelatih timnas Vietnam dan Laos itu menegaskan bahwa kemenangan tersebut belum berarti apa-apa buat Indonesia. Masih ada dua pertandingan berat yang harus dijalani.
“Kemenangan ini belum cukup. Ini baru langkah pertama dan kami akan langsung fokus menghadapi pertandingan berikutnya," ucapnya.
Sementara itu, kekalahan telak ini diratapi Malaysia. Pelatih K. Rajagopal menyatakan penampilan buruk lini belakangnya menjadi biang keladi kekalahan memalukan atas Indonesia.
“Saya kecewa dengan kekalahan telak ini. Kami memulai laga dengan baik dan mencetak gol pada menit ke-17," jelas Rajagopal. "Tapi, setelah itu para pemain membuat kesalahan individu di barisan belakang sehingga Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Gol kedua juga lahir dari kesalahan di barisan pertahanan," lanjutnya.
Menurut Rajagopal, di babak kedua sebenarnya Malaysia berusaha bangkit. Tapi, kesalahan kembali dilakukan barisan pertahanan yang akhirnya dimanfaatkan penyerang Indonesia.
“Barisan pertahanan kami tidak tampil sebagaimana semestinya untuk menghadapi serangan Indonesia. Setelah tertinggal dua gol, kami kembali melakukan banyak kesalahan," bebernya.
Walau kalah telak, Rajagopal berusaha menghibur diri dengan mengatakan bahwa ini bukanlah gambaran sebenarnya permainan timnya. "Kami dapat pelajaran positif dari hasil ini dan kami akan mencoba bangkit lawan saat lawan Thailand," tegasnya.
(ali/c2)

Artikel yang berkaitan




3 komentar:

Anonim mengatakan...

jago kandang biasanya berakhir dengan mengecewakan,malas ahhhhhh,,,

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN KUNJUNGAN ANDA
Sungai Penuh Online mengatakan...

hmmmm...iyo apo....semoga bae kali ini memuaskan ....hmmm

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN KUNJUNGAN ANDA
Anonim mengatakan...

6-0 untuk indenesia lawan laos pak mantap indonesia

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR DAN KUNJUNGAN ANDA

Posting Komentar



Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL Dan ingin membuat WEBSITE SENDIRI dengan sangat Mudah dan Murah sambil langsung praktek, Saya rekomendasikan anda belajar DI SINI atau DI SINI «« di klik biar situsnya keluar, 4 langkah Mudah dan 3 langkah JITU Murah dan Mudah Membuat WEBSITE. D12UL. D12UL


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More